Sunday 17 January 2016

Nira Nipah Bisa Menjadi Sumber Pendapatan Tambahan Warga Tanjung Darul Takzim



Mungkin sampai saat ini buah Nipah masih belum dikenal banyak orang, bahkan mungkin ada yang pernah mendengarnya tapi belum tau persis bentuk buah nipah ini. Tepatnya di Dusun Tanjung Baru Desa Tanjung Darul Takzim Kecamatan Tebing Tinggi Barat Kabupaten Kepulauan Meranti banyak sekali tumbuhan Nipah yang sampai saat ini belum bisa dimanfaatkan secara maksimal oleh warga dikarenakan berbagai hal. Tumbuhan Nipah ini banyak terdapat dipinggir rawa-rawa di Dusun Tanjung Baru. 

Selama ini masyarakat belum pernah tau cara pengolahan yang benar untuk mendapat nira dari buah nipah, masyarakat cuma memakan buahnya saja karena kebetulan buah nipah ini sangat enak rasanya jika masih setengah matang. Akan tetapi buah nipah sudah tidak bisa dimakan jika terlalu tua karena terlalu keras.

Tepatnya awal tahun 2015 yang lalu masuklah investor asing untuk mengolah hasil gula nipah, mulai dari penyadapan hingga memasaknya menjadi gula. Mereka mendatangkan pelatih yang berpengalaman dalam mengolah nipah, pelatih ini didatangkan dari Kalimantan dan ada juga pelatih berasal dari Kepulauan Meranti yang dikenal sebagai Atah Hamdan asal Alai.

Masyarakat menyambut  dengan antusias akan program pemanfaatan tumbuhan nipah ini, ada dua kelompok Tani yang sanggup bekerja sama dengan investor tersebut, Alhamdulillah berkat kegigihan anggota kelompok akhirnya mereka menguasai ilmu untuk mengolah tmbuhan nipah. Namun sayangnya tidak ada satu pekerjaanpun tanpa hambatan. 

Hambatan yang mereka alami adalah gangguan monyet-monyet yang sering mencuri hasil nira nipah yang telah disadap. Bukan hanya monyet, tikus dan musang juga suka mencuri hasil nira nipah ini karena memang hasil nira nipah ini sangat manis. Hal ini membuat masalahnya menjadi serius sehingga investor ini tidak bisa bertahan lama untuk mengolah hasil nipah di Dusun Tanjung Baru, sudah berbagai cara yang dilakukan untuk mengatasi hama seperti itu nambun hasilnya nihil. 

Pada halaman ini admin tidak membahas cara pengolahan nipah mungkin pembaca bisa membacanya di link berikut  Manfaat Tumbuhan Nipah. 

Yang sudah baca artikel ini mohon komen ya....


No comments:

Post a Comment