Wednesday 20 January 2016

Manfaat Tumbuhan Nipah

Buah Nipah Sebelum disadap

Nipah adalah jenis tumbuhan yang hidup berkelompok dipinggiran sungai. Biasanya tumbuhan ini sangat padat bila tumbuh disuatu tempat. Bagi kawan pembaca yang belum pernah melihat secara lansung bisa saja datang Ke Desa Tanjung Darul Takzim Kecamatan Tebing Tinggi Barat Kabupaten Kepulauan Meranti tepatnya di Dusun Tanjung Baru, tumbuhan ini hidup berhektar-hektar dipinggiran sungai. 

Kondisi Buah Nipah Setelah DIgoyang

Baiklah hari ini saya tidak akan membahas apa penyebabnya tumbuhan ini bisa hidup di Dusun Tanjung Baru tapi saya akan sedikit berbagi cara mengambil nira nipah ini. Bila nanti ada yang kurang silahkan bagi pembaca untuk memberikan komentarnya:

Cara yang harus kita lakukan adalah sebagi berikut: 
  1. Pilihlah Buah nipah yang tandannya masih utuh dan masih muda.
  2. Kemudian bersihkan bagian tangkai tandan buah nipah 
  3. goyangkan tandan nipah sebanyaknya (cara menggoyangnya cukup dengan goyangkan keatas dan kebawah) lakukan hal ini selama 15 hari. Usahakan setelah tiga hari pagi berikutnya 3 hari sore. Hasil Gula tergantung kesempurnaan dan lamanya melakukan trik ini.
  4. pukul-pukul sedikit buah nipanhya, jangan terlalu kencang karena tandan nipah agak tajam bisa melukai tangan kalau terlalu kencang.
  5. Setelah cukup 15 hari atau lebih potonglah bagian tandan tepat pada ujungnya dengan bentuk serong ke bawah,  supaya air calon gulangnya mudah keluar. 
  6. Buat sedikit seperti lidah dibagian bawah potongan tadi.
  7. Dan terahir ikatlah kertas atau bambu untuk menampung hasil nira yang akan menetes dari ujung potong tadi.

Lakukan trik di atas pada setiap tandan nipah, InsaAllah anda akan mendapatkan hasil gula yang lumayan. Setelah air gulanya terkumpul semua maka harus segera dimasak. Cara memasaknya sama dengan memasak air gula hasil sadapan pada kelapa dan aren.

Semoga artikel ini bisa bermanfaat bagi saudara pembaca. Manfaatkan saja tumbuhan nipah disekitar kampung karena bisa mendatangkan uang jika diolah menjadi gula merah. Apabila cara di atas belum berhasil silahkann datang lansung ke Dusun Tanjung Baru dan belajar  lansung dengan pelaku penyadapan buah niap. Dijamin membawa hasil yang lumayan.

No comments:

Post a Comment